Sabtu, 07 Januari 2012

CATATAN KU (LK II DI SERANG-BANTEN)

Raung sirine kereta api sore itu menandai keberangkatan ku. Setelah menempuh perjalanan hampir 20 jam dari kota Malang aku sampai ke Jakarta. Perjalanan dilanjutkan ke kota Serang provinsi Banten tempat acara dilangsungkan.

Gelap menjelang, sinar matahari senja bewarna keemasan menyambut kedatanganku di kota Serang. Tak lama berselang, azan magrib berkumandang. Aku bergegas menuju mushola terdekat. Di sana ku jumpai teman-teman HMI Cabang Pandeglang (Bang Fata', Agus, Taufik dan Mifta) serta seorang teman yang funny (Khoirul Adkan) dari Cabang Persiapan Tuban), miss You all kawan...! Malam itu berlalu dengan tidur lelap melepas kelelahan.

Hari pertama di kota Serang, aku banyak mengenal peserta dari Cabang-cabang lain (29 Cabang) se Indonesia. Bercengkrama, bertukar wacana, bertukar informasi, hingga bertukar nomor hp tentu saja..hehe. Tak butuh waktu lama untuk membangun suasana penuh keakraban, kami seperti telah saling kenal lama, hingga tak ada rasa sungkan ketika bercanda atau berdiskusi. Kawan-kawan semua, kalian adalah pribadi luar biasa yang ku kenal. Bangga bisa bertemu dan berdiskusi dengan kalian semua.

Setelah melalui proses screening kami (88 peserta LK 2 HMI Cab. Serang) diberangkatkan panitia ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang untuk menjalani kegiatan yang diawali dengan prosesi opening ceremony (kebetulan ada yang mengabadikan dengan video) kawan-kawan bisa lihat di sini.

Tak terasa perjalanan waktu begitu cepat. Letupan petasan yang membahana diiringi dengan semburat cahaya warna-warni di langit tengah malam itu menandai pergantian tahun 2011 ke 2012. Bersamaan dengan itu palu sidang diketuk tiga kali sebagi tanda pelaksanaan LK 2 telah usai.

Banyak hal yang tak mungkin bisa dilupakan, banyak kejadian dari yang lucu hingga menegangkan, semuanya merupakan dinamika yang harus dimaknai sebagai sebuah proses pembelajaran. Yang terpenting bagiku adalah, bahwa HMI telah menjadi wadah bagi kita dalam membangun silaturahmi antar sesama mahasiswa Islam. Mengajari bahwa tugas mahasiswa tidak hanya belajar, menuntut ilmu dan berkutat dengan rumus-rumus, namun mahasiswa juga mengemban amanah sebagai agen of social control dan agen-agen yang lain (tidak termasuk agen minyak tanah).

Di sini kenangan bersama kalian ku catat. Hingga nanti, mungkin ada salah seorang diantara kita yang menjadi tokoh penting (mudah-mudahan) akan kucari serakan catatan ini, untuk mengingat kembali masa-masa ketika kita menjadi mahasiswa.

Dan mudah-mudahan catatan sederhana ini kelak bisa menjadi pengingat bahwa kita pernah berdiskusi dengan penuh semangat tentang idealisme para alumni HMI yang tergerus ketika telah menjadi pejabat. Bahwa kita kita pernah dengan suara lantang berjanji untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.
YAkin Usaha Sampai. Billahitaufiq wal hidayah. Wassalamualikum, wr, wb.

4 komentar:

  1. kenangan yang kita miliki akan ku simpan dalam catatan keheningan cahaya mentari yang hanya sebagian orang bisa melihatnya.. ^_^

    Wa'alaikum_salam Warrahmatullah Wabarkhat... sudara. ^_^


    ian putra daulasi

    BalasHapus
  2. Ia,,,sadaaaap. Kau puitis juga rupanya....hehe

    BalasHapus
  3. Ya Allah kangen bnget suasa saat itu mana video nya?

    BalasHapus