Rabu, 25 Maret 2009

SUMBERDAYA ALAM INDONESIA


Pengelolaan Sumber daya alam Indonesia Lebih Banyak Memberikan Keuntungan Terhadap Pihak Asing
Negara kita Indonesia memang banyak memiliki sumberdaya alam yang terkandung di buminya. Kita melihat bahwa memang banyak pengelolaan sumberdaya alam Indonesia yang lebih menguntungkan pihak asing. Kalau dikaji ternyata salah satu penyebabnya adalah teknologi yang ada di negara ini belum memadai. Ditambah lagi faktor sumberdaya manusia juga belum begitu mendukung, sehingga hal ini membuka peluang besar bagi pihak asing untuk berinvestasi di Indonesia. Katakanlah PT. Free Port di Papua yang sebagian besar hasilnya justru dinikmati bangsa asing. Menyikapi keadaan seperti ini, maka perlu adanya suatu upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh bangsa, untuk bagaimana kita belajar dan terus belajar dalam rangka menigkatkan teknologi agar setaraf dengan bangsa asing tersebut. Tanggung jawab manajemen sumber daya tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah, tetapi masyarakat sipil dan swasta memiliki tanggung jawab yang setara namun tidak sama untuk mengelola Indonesia. Sumber daya alam tidak akan dapat berkontribusi banyak bagi perikehidupan masyarakat maupun Negara jika tidak diolah untuk menciptakan nilai ekonomi.

Berbicara masalah langkah-langkah yang harus dilaksanakan rakyat dalam pengelolaan sumberdaya alam adalah:

  • Menumbuhkan rasa memiliki yang tinggi terhadap sumberdaya alam yang ada, sehingga secara sadar akan mengelola sumberdaya alam dengan baik.

  • Mempelajari ilmu dan teknologi tentang bagaimana mengelola sumberdaya alam .

  • Mempelajari karakteristik alam seperti keadaan tofografi, iklim, cuaca, serta unsur hara yang terkandung di dalam tanah.

  • Tidak mudah terpengaruh oleh iming-iming pihak asing yang menjanjikan keuntungan-keuntungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar